Input Surat Internal

Input Surat Internal

1. Login ke Sistem SIMS Sekolah

  • Masuk ke aplikasi atau website SIMS sekolah dengan akun admin/pengelola.

2. Akses Menu Front Office

  • Pilih menu Surat Internal di dashboard.

3. Akses Menu Tambah Surat Internal

  • Klik tombol + Tambahkan pada halaman Surat Internal.

4. Isi Form Tambah Surat Internal

Lengkapi kolom-kolom berikut:

  • Nama: Masukkan nama staf atau unit internal pengirim surat.

  • Tanggal: Secara otomatis terisi tanggal hari ini, bisa diubah jika diperlukan.

  • Perihal: Tulis judul/topik surat internal.

5. Detail Pengiriman

  • Sumber Dari: Pilih sumber pengirim internal.

  • Ditujukan Untuk:

    • Pilih Personal jika surat ditujukan ke individu.

    • Pilih Non-Personal jika ditujukan ke bagian/unit.

  • Ditujukan: Pilih nama staf atau unit tujuan surat internal.

6. Lengkapi Informasi Tambahan

  • Jenis Surat Masuk: Pilih jenisnya (misal: memo, pemberitahuan, instruksi, dll).

  • Status: Pilih status surat, default: Menunggu Tindak Lanjut.

  • Telepon: Isi nomor pengirim (jika ada).

  • Alamat: Bisa diisi dengan unit pengirim (misal: Kantor Pusat, Ruang Tata Usaha, dll).

7. Upload Dokumen

  • Klik atau drag file surat internal (dalam format PDF, Word, dll) ke kolom upload.

8. Opsi WhatsApp

  • Centang:

    • Kirim ke Pengirim Surat → untuk notifikasi ke pengirim.

    • Kirim ke Staf Ditujukan → agar penerima internal menerima notifikasi.

9. Catatan

  • Gunakan kolom ini untuk menambahkan info khusus atau instruksi lanjutan.

10. Klik Menyimpan

  • Setelah semua data lengkap, klik tombol Menyimpan di kanan bawah.

  • Setelah disimpan, surat internal akan langsung masuk ke daftar dan bisa dipantau tindak lanjutnya.

Apakah menurut anda artikel ini berguna?

  • Input Surat Masuk

    Input Surat Masuk 1. Login ke Sistem SIMS Sekolah Masuk ke aplikasi atau website SIMS sekolah deng...
  • Input Surat Keluar

    Input Surat Keluar 1. Login ke Sistem SIMS Sekolah Masuk ke aplikasi atau website SIMS sekolah den...